Selamat Datang di Official Website Dharma Wanita Persatuan Bappeda Provinsi Jawa Timur, Mandiri, Demokratis dan Berwawasan

Jumat, 05 Juni 2009

Tips membuat kue donat

Di tengah masyarakat yang modern, kini penampilan donat tidak selalu berbentuk bulat dengan lubang di tengah, bahkan bentuknya makin unik dan bervariasi, sehingga makin menggoda untuk disantap. Anda penasaran ingin membuat kue donat sendiri dengan citarasa lezat, aroma yang harum dan sungguh terasa empuk saat digigit? Yuk simak tips singkat berikut ini:
Bahan dan Resep:
Tepung, Gula, Telur, Pengembang, Cairan, Garam, Lemak, Minyak Goreng, Taburan.

Teknik Pembuatan

Pencampuran, Mulailah dari pengayakan tepung terigu dengan tujuan agar hasilnya tidak berbutir-butir, lalu campur semua resep bahan kering, aduk rata. Tambahkan cairan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.

Pengulenan, Pada teknik ini bisa menggunakan tangan atau mixer. Bila menggunakan tangan, gerakannya cukup mudah. Lakukan seperti mencuci pakaian, tarik adonan ke depan sambil sedikit ditekan lalu lipat lagi ke arah Anda.

Fermentasi, Setelah adonan kalis lalu diistirahatkan yang disebut difermentasikan untuk mengembangkan resep adonan. Selama proses fermentasi lebih kurang 15 hingga 30 menit, adonana sebaiknya ditutupi plastik atau serbet basah. Tujuannya untuk mencegah penguapan dan hasilnya tidak kering.

Mengempiskan Adonan, Nah, ditahap ini penggunaaan alat rollling pin sangat bermanfaat. Adonan dikeluarkan dari wadah, lalu pipihkan sampai setebal yang diharapkan.

Mencetak, Setelah dipipihkan, cetak adonan donat sesuai selera. Alat yang digunakan untuk mencetak bisa terbuat dari bahan stainless steel. Buat bentuk donat yang cantik dan menarik. Ingat, bentuk yang cantik akan membuat donat kelihatan menggiurkan. Setelah dicetak, fermentasikan kembali selama lebih kurang 10 menit agar mengembang.

Menggoreng, Kue donat harus selalu digoreng dalam minyak banyak dan terendam dengan panas tertentu agar warnanya tetap kuning kecokelatan dan matangnya merata.

Sekarang Kue donat siap dihias agar semakin cantik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar